Sabtu, 04 April 2020

MOMEN SPESIAL OLEH MUNIF CHATIB



Pertemuan ke 4 Belajar Menulis G-8 Wa Grup Om Widjaya Kumah (Omjay)
Judul Materi : Menulis tentang Momen Spesial Kala Mengajar
Pemateri : Munif Chotib ,
Pembelajaran dimulai oleh Bapak Munif dengan memberikan tayangan video berupa link youtube tentang “Menulis Momen Spesial Saat Mengajar ” (https://youtu.be/-tGJsRRQrV0).
Juga menampilkan sebuah artikel yang berjudul “80 Menit Di Kelas Neraka”. Untuk bias memahami materinya saya sangat antusias menonton video dan membaca artikel tersebut.
Banyak hal yang menarik dalam tayangan tersebut sehingga saya merasa perlu untuk membuat ringkasan nya. Ringkasan Video “Menulis Momen Spesial” oleh Munif Chatib:
1. Momen Spesial meliputi tiga hal yaitu :
a. Momen yang mempengaruhi motivasi.
b. Merubah kemampuan.
c. Merubah sikap siswa di dalam kelas.
2. Dalam setiap proses pembelajaran ada potensi terjadinya momen spesial.
3. Alasan mengapa guru harus menulis setiap momen spesial yang terjadi saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.
 4. Lima pintu masuk memori jangka panjang ; pengalaman pertama, hubungan antara materi dengan kondisi siswa, pengulangan, emosi yang dialami dan cara menghadapi masalah/kejadian luar biasa (survival)
5. Tahapan dalam menulis spesial momen
6. Contoh special moment yang dialami Bapak Munif yang dijadikan tulisan.
Setelah 15 menit kemudian Om Widjaya memberi kesempatan kepada kami untuk memberi tanggapan dan membuka sesi Tanya jawab. Setiap peserta segera menghubungi om jay dan mengajukan pertanyaan. Pada kesempatan ini bagi saya termasuk momen yuang special saya bias berkomunikasi dengan para pendekar pendidik. Saya ambil momen ini untuk bertanya:

Saya         :“Seandainya kita mendapatkan momen spesial yang negatif, lalu ditulis dan  dikembangkan apakah tidak melukai perasaan siswa”. Rusmin Kalsel. (21.21 PM)
Narasumber    : Utk Rusmi Kalsel: Momen negatif biasanya lebih banyak memunculkan pembelajaran buat kita. Masih ingat ada kata-kata orang bijak: JANGAN TAKUT SALAH, SEBAB ITULAH JALAN UNTUK MENDAPATKAN KEBENARAN. Bahkan momen negatif lebih memeri muatan emosional yg lebih kuat. Hanya saja kejadian dan nama gunakan inisial saja. (21.41 PM)
Pada momen berikutnya saya coba bertanya lagi :
Saya               : “Kita anggap sesuatu itu memang momen spesial, tapi sebenarnya itu memang tujuan pembelajaran yaitu  perubahan dari tidak tau menjadi tau, dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak terampil menjadi terampil, begitu seterusnya.
Lalu yang spesialnya seperti apa? Rusmin Kalsel  (G8-017) (22.20 PM)

Narasumber    : “Rusmi Kalsel: yg spesial adalah unsur pemantiknya. Pasti ada pemantiknya dari perubahan itu. Itulah yg special. (22.22).

2 komentar:

PERKENALAN KEPALA SEKOLAH PADA MPLS

KEPALA SMAN 1 ALALAK Nama                          : Drs. Rusmin, M.A.P NIP                             : 19660520199203101...