Kamis, 09 April 2020

Tugas Dasar Menulis Kata, Kalimat dan Paragraf

Materi               : Dasar Menulis Kata, Kalimat dan  
                               Paragraf
Narasumber   :  Imam Rahmadi
Dipandu oleh : Bapak Bambang Ayah Salwa
Pertemuan Ke: 7 (Tujuh)
Hari, Tanggal : Kamis, 9 April 2020



TUGAS 

Latihan 1:

Bapak dan Ibu, paragraf ini belum memiliki kalimat topiknya. Jadi kasihan, anak kalimatnya tidak memiliki induk kalimat. Minta tolong untuk dibuatkan kalimat topiknya kemudian ditaruh sebagai kalimat pertama pada paragraf tersebut.

Tetap di rumah saja dinilai sebagai salah satu cara yang paling efektif. Menggunakan masker ketika terpaksa harus bepergian dan selalu menjaga jarak dengan orang lain merupakan cara lainnya. Senantiasa jaga stamina dengan istirahat yang cukup juga dapat dilakukan untuk menjaga imun tetap baik sehingga tidak rentan tertular.


Jawaban :

       Untuk menghindari tertularnya virus corona (Covid-19) pemerintah menganjurkan kepada masyarakat untuk tetap di rumah saja. cara ini dinilai sebagai salah satu cara yang paling efektif. Disamping itu menggunakan masker ketika terpaksa harus bepergian dan selalu menjaga jarak dengan orang lain merupakan cara lainnya. juga dianjurkan senantiasa jaga stamina dengan istirahat yang cukup juga dapat dilakukan untuk menjaga imun tetap baik sehingga tidak rentan tertular.



Latihan 2:

Paragraf ini baru ada kalimat topiknya. Mohon tambahkan minimal 3 kalimat penjelas:

Pendemi koronavirus mengubah pola orang dalam bersosialiasi, bekerja, dan belajar di Indonesia.



Jawab :

       Pendemi koronavirus mengubah pola orang dalam bersosialiasi, bekerja, dan belajar di Indonesia. Perubahan pola hidup seperti bersosialisasi dengan cara menjaga jarak aman minimal satu meter. untuk tetap bisa menjaga jarak aman maka berkerja dan belajarpun dianjurkan dari rumah saja. Perubahan pola hidup lainnya yaitu menerapkan pola hidup berih dan sehat (PHBS) seperti mencuci tangan pakai sabun, selalu memakai masker saat bepergian.


Latihan 3:

Buat satu paragraf dengan tema bebas. Kalimat topik harus memiliki ide pengontrol. Paragraf memiliki setidaknya 3 kalimat penjelas yang mendukung atau menjelaskan lebih lanjut ide pengontrol.


Jawab :

         Pandemik virus corona membuat dunia seperti terhipnotis. Banyak negara-negara lumpuh sendi-sendi kehidupannya diantaranya sosial, budaya dan perikonomiannya. Berbagai upaya juga sudah dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corana, namun masih banyak negara yang belum berhasil secara signifikan. Bahkan lock down pun ternyata masih belum mampu menghentikan penyebaran virus corona.








2 komentar:

  1. Luar biasa cepat, sejak jadi moderator fokusnya rada bergeser lebih kearah bagaimana disetiap materi yang disampaikan bisa berjakan baik bagi narsum dan pesertanya.

    Boleh permintaan nama moderatornya nama beken aja yang nampag, hahaha.....

    Tulis saja Mr.BamS

    BalasHapus
  2. wah keren....saya belum buat tugasnya nih

    BalasHapus

PERKENALAN KEPALA SEKOLAH PADA MPLS

KEPALA SMAN 1 ALALAK Nama                          : Drs. Rusmin, M.A.P NIP                             : 19660520199203101...