Selasa, 21 April 2020

PEMBELAJARAN DARING YANG IDEAL


 BIODATA             

Nama                           : DRS. RUSMIN, M.A.P
Tempat, Tgl. Lahir       : Anjir Pasar, 20 MEI 1966
Tugas                           : Kepsek SMAN 1 Alalak
                                       Kab. Barito Kuala
                                       Kalimantan Selatan

Organisasi                   : Ketua PGRI Kab. Barito Kuala






Untuk lebih memahami akan tulisan ini  akan saya jelaskan pengertian daring. Daring adalah akronim dari dalam jaringan. Jadi maksudnya adalah pembelajaran dalam jaringan itu adalah pembelajaran yang menggunakan internet atau  yang sering disebut online. Sementara aplikasi atau soft ware yang digunakan bermacam-macam, bisa WA Grup, Zoom Cloud, Dou, Live Youtube Chanel, dan lain sebagainya.
Hikmah dibalik wabah virus korona (covid-19) ternyata banyak mengungkap tabir kegelapan, yang selama ini banyak belum kita ketahui. Tulisan ini khusus menyoroti pada bidang Pendidikan, meskipun sebenarnya banyak tabir tekuat pada bidang lainnya seperti, sosial, budaya, ekonomi dan lain sebagainya. Bagai mana tidak dunia Pendidikan yang selama hanya diisi oleh kegiatan-kegiatan tatap muka, tugas-tugas dengan metode pembelajaran ceramah, tugas, kerja kelompok. Sempat viral istilah “ah teori”, tentunya ini sesuatu yang membosankan bagi peserta didik.
Sekarang berbeda sejak mewabahnya virus korona, kebijakan pemerintah mengharuskan guru mengajar dari rumah, siswa belajar di rumah. Memang agak sulit bagi kebanyakan mereka yang belum familiar dengan media dan dunia digital. Bagai mana mengkomunikasi kedua belah pihak agar bisa terjadi proses belajar mengajar yang efektif dan efisien, jawabnya adalah pembelajara digital menggunakan internet. Sebelum guru menguasa dan menunjukkan kemampuannya untuk mengajar dari rumah sempat viral di media sosial “Guru makan gaji buta”.

Sungguh sebuah tantangan untuk menjawab agar guru benar-benar bekerja dari rumah dan siswa belajar di rumah. Maka dari itu pernah saya tulis pada kesempat sebelumnya “Virus Corona Memotivasi Guru” ini linknya silakan klik https://rusminmap.blogspot.com/2020/04/virus-korona-memotivasi-guru.html silakan kunjungi. Sebenarnya bagi guru yang sering mengajar di laboratorium komputer, mengajar dengan berbeda tempat itu tidak masalah karena antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dihubungkan oleh sebuah rangkaian jaringan internet. Jadi bedanya hanya berbeda tempat guru mengajar dari rumah para siswa belajar di rumah masing-masing. Perhatikan poto berikut ini






Selain penggunaan laboratotium penggunaan aplikasi zoom juga merupakan salah satu pilihan, aplikasi ini menyajikan banyak fitur bisa oudio video, bisa chat tertulis juga, siswa dapat berkomunikasi dengan guru layaknya seperti dalam kelas. Bahkan guru dapat berfungsi sebagai moderator meminta dan seseorang untuk berbicara, dan menutup suara siswa lainnya. Hanya saja aplikasi ini berbayar, semetara gratisannya hanya 45 menit. Perhatikan tampiilan gambar zoom berikut ini



Yang sekarang lagi viral adalah WhatsApp (WA) bahkan hampir semua lapisan peserta didik dan guru sangat terampil menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini merupakan generasi lanjutan dari SMS, BBM, dimana WA memberikan fasilatas yang lebih dari generasi sebelumnya. WA ini dapat digunakan untuk berkomunikasi lisan, tulisan, dan vedio. Untuk komunikasi lisan dan vedio penggunanya harus merekam dulu baru di share ke tujuan. Dalam proses pembelajaran yang melibatkan banyak siswa dan tersebar secara luas WA ini dapat digunakan dengan membuat grup dulu.
Untuk lancarnya jalur komunikasi peserta didik dan guru, aplikasi ini juga sebaiknnya menggunakan moderator. Moderator sebagai admin dapat menyiteng agar pesarta tidak bisa mengirim chat. Jadi setiap peserta/siswa hanya dapat mengirim pesan ke moderator, selanjutnya moderatorlah yang menayangkan pesan peserta tadi.

Proses pembelajaran ini masih sedang berlangsung pada kegiatan  Belajar Menulisyang diprakarsai oleh Omjay dan Prof. Inifah Rosyidi. Untuk lebih jelasnya silakan ikuti kegiatan dimaksud brosurnya ada di bawah ini.



Ada juga orang yang senang menggunakan aplikasi  Live Youtube Chanel, aplikasi ini menyajikan tampilan dan fitur yang lebih lengkap, Hanya saja guru sebagai moderator lebih mendominasi dalam tampilan gambar. Komunikasinya bisa lisan atau tulisan. Biasanya pesan yang ingin disampaikan peserta dikirim melalui chat. Bisa saja guru sebagai moderator menggunakan gabungan aplikasi. Yang sering menggunakan aplikasi ini di youtube chanel untuk perkuliahan dan seminar online adalah Prof. Rechardus Eko Indrajit. Yang ingin mencoba bergabung dengan kegiatan beliau silakan kunjungi : https://www.youtube.com/channel/UCa3LCo2Zjy_h_NaWz1V2jOw




Masih banyak aplikasi-aplikasi yang lain seperti classroom, Dou, Virtual classroom dan masih banyak aplikasi lainnya. Silakan Anda berselancar diinternet kalua fasilitas handphone telusur mewlalui Play Store, kalua menggunakan computer atau laptop bisa dengan telusur google.











6 komentar:

  1. Hal Yang sekarang lagi viral adalah WhatsApp (WA) bahkan hampir semua lapisan peserta didik dan guru sangat terampil menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini merupakan generasi lanjutan dari SMS, BBM, dimana WA memberikan fasilatas yang lebih dari generasi sebelumnya. WA ini dapat digunakan untuk berkomunikasi lisan, tulisan, dan vedio. Untuk komunikasi lisan dan vedio penggunanya harus merekam dulu baru di share ke tujuan. Dalam proses pembelajaran yang melibatkan banyak siswa dan tersebar secara luas WA ini dapat digunakan dengan membuat grup dulu.

    BalasHapus
  2. Terima kasih Maju Bersama Hebat Semua

    BalasHapus

PERKENALAN KEPALA SEKOLAH PADA MPLS

KEPALA SMAN 1 ALALAK Nama                          : Drs. Rusmin, M.A.P NIP                             : 19660520199203101...