Minggu, 12 April 2020

MELURUSKAN NIAT MENERBITKAN BUKA



MELURUSKAN NIAT MENERBITKAN BUKU


Materi               :  MELURUSKAN NIAT MENERBITKAN BUKU
Narasumber     :  DR. WIJAYA KUSUMA
Dipandu oleh   : Bapak Bambang Ayah Salwa
Pertemuan Ke  : 8 Delapan)
Hari, Tanggal    : Sabtu, 11 April 2020



Intisari dari materi ke 8.Belajar menulis on line gelombang 8 bersama om jay. Hari sabtu tgl 11 April 2020
Mengamati dan menyimak dengan seksama berbagai tayangan dan slide pada blog Om Jay (https://www.youtube.com/user/wijayalabs) menakjubkan. Meskipun suaranya tidak terdengar, tetapi beberapa slide yang saya amati memang suatu prestasi yang mencengangkan.
Saya berkeyakinan siapapun yang mencoba membuka blog-nya Om Jay maka ia akan meninggalkan pesan dan bahkan menyempatkan untuk bertanya sebagai rasa ingin tahu yang kuat.
Sudah tujuh materi diuraikan pada kolom WA grup tentang menulis buku, dari berbagi narasumber yang semuanya orang-orang hebat. Meskipun sebenarnya saya sudah berusaha maksimal untuk dapat menyerap semua materi dengan baik, tapi karena keterbatasan kemampuan semua tulisan yang saya sari mungkin masih jauh dari harapan.Memang semua itu membutuhkan proses yang sangat panjang dan harus butuh banyak referensi agar bisa dapat menulis sesuai aturan.
          Untuk dapat menulis dengan baik, dan tulisan kita menarik, maka terlebih dahulu kita harus menguasai teknik-teknik penulisan buka,aturan dan etika dalam penyaduran. Disamping itu untuk memperluas wawasan kita harus cinta buku, harus banyak membaca. Karena dengan banyak membaca juga dapat menimbulkan inspirasi atau ide-ide baru. Dan disini di grup belajar menulis online kita semua ditantang untuk  berlatih menulis sebaik-baiknya. Sudah saatnya kita meluruskan niat kita untuk menerbitkan buku dari hasil tulisan kita. Mantapkan tekad untuk terus berkarya nyata dalam wujud sebuah buku yang bermakna.
Dalam menulis terkadang sudah banyak tulisan-tulisan orang lain yang membahas tema yang sama atau hampir sama dengan tema yang akan kita tulis. Maka dari itu kita sebagai seorang penulis harus mampu mengembangkan kreativitas dan imajinasi kita dalam menemukan / mencari ide segar dalam setiap tulisan kita
          Dari serangkaian pertanyaan peserta kuliah ini, dapat disampaikan bahwa dalam menerbitkan sebuah buku apalagi buku non fiksi harus ada daftar pustakanya, yaitu dari mana kita mengambil teori-teori atau pendapat -pendapat tentang sesuatu yang kita tuliskan. Kaitannya dengan tulisan kita yang akan diterbitkan menjadi sebuah buku maka daftar pustakanya / sumber reperensi tulisan kita berasal dari para narasumber yang sudah menyampaikan materinya. Atau dapat juga dari tulisan teman-teman lain yang kita baca di blog-blog mereka.
Untuk menumbuhkan kreativitas dalam hal menulis ? perlulatihan menulis setiap hari dan buktikan apa yang terjadi . Menulislah dari hatimu agar engkau dapat bertemu pembaca setiamu , dan menulis di  blog yang kita kelola. Karena:
Kalau harimau mati meninggalkan belang,
Gajah mati meninggalkan gading,
Manusia mati meninggalkan nama.
Tetapi blogger mati meninggal blog

Ada 7 langkah yang harus anda tempuh untuk menjadi penulis buku best seller versi Eni Setiati yaitu:
  1. Ingin Menjadi Penulis Buku
  2. Tekun Berlatih
  3. Mulailah menulis!
  4. Motivasi diri untuk Menulis
  5. Pahami teknik penulisan buku
  6. Kenali bahasa Penulisan Buku
  7. Lakukan Riset menyeluruh


          Kemudian yang terakhir, karena materi ini adalah meluruskan niat untuk menerbitkan buku, jika tulisan  kita ingin diterbitkan ,maka sudah menjadi draft yang naskahnya lengkap dengan daftar isi dan kata pengantar. Setelah itu kita harus mampu meyakinkan penerbit bahwa buku yang kita tulis  akan banyak dibeli orang, akan banyak peminatnya / pembacanya. Kalau isi buku kita menarik dan ada peluang laku di pasaran , maka penerbit akan menghubungi kita. Dari buku yang akan diterbitkan  rata-rata tiga bulan waktunya, membutuhkan  proses yang panjang. Kecuali buku kita akan diterbitkan dengan biaya sendiri, maka akan lebih cepat terbitnya yaitu di penerbit indie.

2 komentar:

PERKENALAN KEPALA SEKOLAH PADA MPLS

KEPALA SMAN 1 ALALAK Nama                          : Drs. Rusmin, M.A.P NIP                             : 19660520199203101...