BIODATA
Nama : DRS. RUSMIN, M.A.P
Tempat, Tgl. Lahir : Anjir Pasar, 20 MEI 1966
Tugas : Kepsek SMAN 1 Alalak
Kab. Barito Kuala
Kalimantan Selatan
Organisasi : Ketua PGRI Kab. Barito Kuala
Berikut link narasumber :
Pertemuan Ke
- : 18 (Delapan Belas)
Hati,
Tanggal : Kamis, 23 April 2020
Moderator : Om Jay
Buku dalam
bentuk jilid, buku digital atau ebook
Buku merupakan
salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran
serta sarana penyampaian dan penyimpanan
informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan
diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. Sesuai dengan perkembangan
jaman sekarang buku bukan hanya dalam bentuk lembaran kertas yang dijilid
menjadi satu. Bentuk buku sekarang ada yang berbentuk digital yang mampu
menerjemahkan berbagai Bahasa seperti qur’an digital, e-book atau buku elektronik
yang mudah disimpan bahkan ada audia dan vedionya. (dalam penyimpanan memori data
seperti Compact disk, flash disk, hardisk) yang bisa dibawa kemana-mana. Bahkan
penyimpanan yang lagi tren sekarang adalah google drive yang tidak perlu dibawa
dan tidak hawatir ketinggalan, karena ada dalam google, jadi cukup buka
internet lewat hand phone atau laptop lalu buka drive.
Perkembangan
industri penerbitan buku juga dipicu oleh alasan keuntungan (profit margin)
yang relatif besar dibandingkan industri lainnya khususnya barang konsumsi.
Saat ini terdapat 1.328 penerbit yang terdaftar sebagai anggota Ikatan Penerbit
Indonesia (IKAPI) dengan jumlah penerbit aktif sebanyak 711 penerbit, dan
sisanya sudah tidak aktif lagi. Namun demikian ancaman terhadap keberlangsungan
penerbitan buku juga tidak bisa dianggap sepele karena pengaruh dunia digital.
Dalam rangka
untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku , supaya tetap terus hidup dan
dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka kita perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran biasanya
hampir dipakai oleh semua wirausaha, intreprenur yang menjalankan bisnis.
Budaya Literasi bentuk
dukungan pemerintah
Literasi adalah
salah satu wujud nyata dukungan pemerintah terhadapa budaya membaca, karena
pada Lembaga Pendidikan sekarang ini kegiatan literasi sangat digalakkan. Dalam
rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi
khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud
dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan
pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat
terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang
penerbitan buku.
Strategi pemasaran buku
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang diterbitkan.
Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori
buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak
katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku
Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks ,
dll ).
Dari jenis –
jenis katagori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . Pada umumnya kegiatan
pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis . Sehingga strategi pemasaran pada umumnya di
pengaruhi oleh faktor yang meliputi :
1.
Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing
dan masyarakat.
2.
Faktor Makro yaitu demografi-ekonomi,
politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Saat ini kami
dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk
dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan
Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya
sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku
yang telah dikelompokkan menjadi 32 katagori.
Strategi
Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi
Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat,
dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua
strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara.
a.
Pemasaran
buku lewat Online
Saat ini yang sedang ngetren dan gencar di dunia maya
yaitu Strategi Pemasaran yang banyak dipakai oleh setiap orang yang sudah
mengerti teknologi internet yaitu berpromosi lewat online melalui website dan
media sosial lainya. Kalau kita sudah mempunyai produk buku yang jenis
katagorinya banyak maka langkah awal
kita harus buat website. Katakanlah
website merupakan markas besar untuk sebuah bisnis penjualan buku. Dengan
mempunyai website ini kita dapat merencanakan promosi dalam melancarkan
penjualan buku. Dan website tersebut akan banyak kita isi produk, harga,
promosi, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya.
Untuk penjualan buku lewat online ini kita harus terus
proaktif untuk terus promosi , supaya kita dapat :
-
Menyebarkan informasi produk secara masif kepada
target pasar potensial
-
Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan
konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
-
Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar
lagi lesu
-
Menaikan penjualan dan profit
-
Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan
dengan pesaing
-
Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai
dengan yang diinginkan
-
Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat
konsumen
Media online yang dapat kita lakukan untuk promosi dan
penjualan buku yaitu sudah tidak asing lagi dibenak anda sekalian yaitu lewat
telepon, w.a, sms, email, facebook, twitter, Instagram, sponsor lewat internet dll.
b. Pemasaran
Buku Lewat Komunitas
Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai
dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah
jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan
lewat komunitas akan lebih efektif dan
efisien sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi penjualan buku yang kita
tawarkan. Kuncinya kita harus proaktif komunikasi dan interaksi dengan
komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita. Stategi ini bisa lebih
efektif apabila komunitas yang kita miliki banyak anggota dan jenisnya. Karena lewat
komunitas ini pulalah produsen dapat memberikan pengaruh langsung terhadap konsumen,
dapat lebih menyakinkan. Bisa saja ini terjadi karena kedekatan emosional.
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat
Untuk menguasai
seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan
pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya
sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh sampai
dengan Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran ditiap kantor cabang
tersebut.
Strategi
pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar
yang kita tuju, antara lain :
1.
Toko Buku
Penerbit Buku
yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian
besar sebagai pemasok toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai
pemasok rutin di toko buku maka kita
perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis
yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku
Tradisional.
Kenapa kita
perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko
buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh toko
buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan Toga Mas
Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan
teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya.
Adapun toko
buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi
penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya
masih manual .
Untuk itu
saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual /
konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada
berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
-
Menguasai display buku , supaya tampilan buku
dapat terlihat dan menonjol .
-
Mengadakan promosi di internal toko dengan
memasang produk di Neon Box, X Banner
-
Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan harga
pada buku tertentu atau periode tertentu.
-
Mengadakan event tematik sesuai moment bulan
berjalan (program Ramadhan, Program TAB,
Program TAM , dll )
-
Dan masih banyak lagi program promosi di toko
buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan
pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2.
Directselling
Pemasaran Buku
melalui Direkselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita
terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi
menjadi beberapa target pasar yaitu :
-
Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan
buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
-
Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata
kualiah
-
Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP,
SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan
jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri penerbitan buku melakukan
terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga
Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya
masing – masing yang bertugas :
-
Kunjungan langsung ke tiap sekolah
-
Kunjungan langsung ke setiap kampus
-
Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan
sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
-
Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan
dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal
Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku
dapat meningkat.
3.
Melakukan Event – Event
Aktif dalam
melakukan event – event seperti event
Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.
Demikian yang dapat saya sampaikan
Strategi pemasaran buku secara singkat , dan masih banyak lagi strategi
pemasaran buku yang belum kami sampaikan , di lain waktu kita lanjutkan
strategi pemasaran buku selanjutnya Terimakasih
TANYA JAWAB (VIA WA GROUP) TANPA EDIT
1. Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan.
Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori
buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak
katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku
Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks ,
dll ). Apakah penerbit andi punya toko
online dan bekerjasama dengan tokopedia? Saraswati banyuwangi
Jawab :
Terimakasih atas
pertanyaan ibu Saraswato...
Kami penerbit
Andi mempunyai website : www.andipublisher.com dan Ibu dapat langsung
bertransaksi lewat website tersebut...
Kami juga
bekerjasama dengan semua marketplace
termasuk tokopedia.... Terimakasih
2. Strategi
Pemasaran buku yang telah kami petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu
Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan
Darat,
apakah yg aling
sulit dari keduanya? Albert Kupang
Jawab:
Terimakasih
kasih pak Albert...
Dari kedua
strategi tersebut paling sulit adalah strategi pemasaran serangan darat
dikarenakan membutuhkan waktu tenaga dan tentunya adanya follow up yang terus
menerus...
Sehingga
keberhasilan ditentukan oleh tenaga penjual yg kita percayakan.
Demikian yang dapat saya sampaikan dari
pertanyaan pak Albert...terimakasih
3. Pak
Agus, bagi penulis buku pemula pemasaran yg plg efektif ygmana? Apakah serangan
udara, directselling, ataukah event. Ataukah perlu ketiganya jalan bersama?
Terima kasih.
Isminatun,
Sukoharjo
Jawab :
4. Pak
Agus sy mukminin dari Lamongan. Mau tanya. Untuk penulis yg bukunya diterbitkan
penerbit mayor spt penerbit Andi mhn maaf biar tahu brp royaltinyanya dan
apakah penulis juga punya tugas yg jwb memadatkan bukunya. Mksih
Jawab :
Baik pak...
Penulis
mendapatkan hak Royalti 10% dari total nilai transaksi terjual.
Kalau di penerbit Andi rata2 diberikan
Royati per 6 bulan / Semester terhitung sejak buku telah terdistribusi dan di
tandatangani perjanjian kedua pihak (antara penulis - penerbit).
Penulis mendapatkan bukunya sebanyak 3 exs.
Dan penulis di perbolehkan mempromosikan
bukunya dan kalau penulisnya beli bukunya biasanya mendapatkan potongan 30%.
Terimakasih
5.
Assalamu'alaikum Pak Agus,
saya Pak Etik Nurinto dari Kabupaten
Pemalang
Apa yang harus dilakukan penulis agar buku
yang kita tulis laku dijual..
apalagi disaat pandemi covid19 sekarang ini
terima kasih.
Jawab :
Pak Etik Ytk...
Sebelumnya ada Narasumber dari pak Edi S
Mulyanta, bagaimana menulis buku yang
laku di jual...
Pertama yang Bisa bpk Tulis adalah
menulislah bidang yg Bpk kuasai...
Kedua Bpk bisa lihat di google trend produk
buku apa yang laku... Di situ akan di tunjukkan tren produk buku apa yg laku di
jual saat ini...
Memang buku yang laku saat ini masih buku
untuk Anak2.. Dan novel untuk remaja.
Terimakasih
6.
Selamat malam pak, adakah kemungkinan menjalin
kolaborasi dengan pesaing dalam penjualan buku? Bagaimana penerapannya? Tks.
Yulius Roma-Tana Toraja.
Jawab :
Malam pak Yulius...
Kemungkinan menjalin kolaborasi dgn pesaing
tentunya ada...
Contoh nya kami kolaborasi dgn Penerbit
BPFE UGM..
Adapun syarat dan ketentuan kita harus ada
titik temu dari kedua belah pihak..
Dalam penerapannya kita akan lihat dan nilai dari aspek produk
nya, potensi pasar , daya serap produk .
Terimakasih
7.
Ass.
Wr. Wb.
Selamat malam pak Agus. Ada 3 pertanyaan:
1.Mengapa harga 1 buku antara toko yg satu dengan toko yang lain terkadang tidak sama walaupun
sampul, judul dan isi sama.
2. Apa yang membedakan harga buku antara
satu dengan yg lain berbeda walaupun halaman, kwalitas kertas buku dan penerbit
sama , tapi isi dan pengarang berbeda?
3. Mana yg lebih banyak diminati antara belanja buku dengan serangan udara
dengan serangan darat? Adakah keuntungan
dan kelemahan masing?
Terimakasih.
Rifatun Salatiga.
Wass. Wr.
Wb
Jawab :
Walaikumsalam Bpk..
1. Buku yg kami terbitkan sudah ada standar
harganya, di barcode back Viber buku
sudah ada harga yg tercantum sehingga harga tidak bisa di rubah.. Kecuali ada
moment promosi di toko tersebut biasanya ada mendapatkan discount tetapi harga
aslinya tetap ditampilkan.
Adapun kalau Toko tersebut di luar pulau
jawa maka ada harga Zona, sehingga harga
jawa dgn harga di luarpulau bisa berbeda (contoh harga jawa dan harga di sumatra ada perbedaan).
2. Yang membedakan harga adalah setiap
penerbit mempunyai hak untuk menentukan harga buku produksi... Yang di hitung
dari oplah cetak nya... Semakin cetak
oplahnya banyak semakin murah. Klo oplah
cetak nya sedikit semakin mahal harga buku tersebut. Sehingga ini yg menjadi
perbedaan harga dari penerbit satu dgn lainnya.
3. Pertanyaan point ketiga ini, sesuai target jenis buku yg kita tuju.
Serangan Darat lebih banyak menghasilkan
karena langsung ketemu dgn konsumen apalagi pasar buku teks utama yg kita
pasarkan. Konsumen biasanya lebih senang tatap muka langsung dan dapat melihat
sampel produknya.
Kekurangan serangan darat, dibutuhkan tenaga penjual tentunya ada biaya
operasional dan butuh waktu dalam follow up.
Adapun serangan udara, kelebihannya bisa menekan biaya
operasional, informasi produk cepat
sampai ke konsumen dan promosi bisa tersebar secara masif lewat online ini.
Kekurangan nya : konsumen di indonesia
belum terlalu percaya atas informasi produk yg diterima, ada rasa takut barangnya tidak sesuai dgn
peranannya , konsumen masih dikenai ongkir
. Terimakasih
8.
Assalamualaikum...slmt malam..andy babel
bertanya :
1. Sebagaimana telah disebutkan untuk
penjualan buku lewat online kita harus proaktif promosi salah satunya, Mengubah
tingkah laku, persepsi dan pendapt konsumen, maksudnya seperti apa?
2. Strategi apa yg dapat di lakukan bersama
antara penerbit dan penulis ?
Atas jawabannya diucapan terimakasih.. Andy
Muhtadi
Jawab :
Pertanyaan point 1 :
Maksudnya klo kita proaktive promosi produk
lewat online maka dapat mengubah tingkah laku,
persepsi dan pendapat konsumen. Dalam arti dgn kita terus promosi maka
konsumen tersebut yg tadi nya tidak respon terhadap produk tersebut dapat
mengubah perilaku , persepsi (pola
pikir) untuk tertarik membeli produk yg
kita tawarkan /promosikan sehingga mengubah pendapatnya untuk mengambil
keputusan untuk membeli produk tersebut.
Point 2. Strategi yg dapat di lakukan
antara penulis dan penerbit yaitu
- Melakukan Takshow Bedah Buku secara
periodik.
- Sama2 mempromosikan bukunya
- Penulis dapat membantu menjualkan bukunya
dan pihak Penerbit akan memberikan Rabat buat penulis.
Terimakasih
9.
assalamualaikum pak agus, saya mau tanya tentang pemasaran buku.
pengalaman pemateri yg paling efektif
itu melalui media apa sosial media atau media cetak atau door to door terimaksih
☺️🙏🏻.
Anwar Syafei
Jawab :
Bpk Anwar Ytk.
Pertanyaan Bpk sudah ada di dalam materi
singkat yang saya sampaikan.
Namun untuk saat ini pengalaman yg paling
efektif yaitu melalui media sosial /online.
Terimakasih
10.
Assalamualaikum wr wb
Selamat menunaikan ibadah teraweh dg
pyishical distancing
Bertanya: Bgmn pengalaman baik dg strategi
yg digunakan selama ini, mana diantara sekian strategi yg lebih baik, butuh brp
lama wktu yg di pakai unt smpi bisa jd buku best seller
Terima kasih
Bu Iez Lumajang
Jawab :
Walaikumsalam bu Lez..
Pengalaman saya dengan sumber daya yg
memadai maka strategi yg kami pakai dari paparan materi saya tersebut saya
pakai semuanya... Karena kami sebagai Industri Penerbitan buku harus terus
dapat profit dan terus mengembangkan pasar.
Waktu yg di butuhkan untuk menjadi buku
best seller rata2 4-6 bulan, dan moment jual buku tersebut.
Contohnya kalau menerbitkan buku pelajaran
maka moment jual yg tepat saat antara Mei s.d Agustus.
Terimakasih
11.
bapak nulis Melakukan Event – Event sementara
ada wabah corona, bgm caranya dilakukan saat ini? Naibaho, Sorong papua.
Jawab :
Terimakasih kasih pak Naibaho atas
pertanyaan nya..
Saat ini sedang wabah corona , kita lakukan
pemasaran lewat online... Dan event2 lewat online juga.
Sementara event2 yang sifatnya berkumpul
dan tatap muka sementara kita tiadakan.
Kita berdoa bersama semoga wabah corona
segera berakhir.
Terimakasih
12.
Pertanyaan untuk pak Instruktur malam ini?
saya sedang memberi tantangan untuk diri
sendiri. Setiap sore tiba saya HARUS menulis. Ada yang berangkat dari inspirasi
tertentu ada yang sama sekali tanpa inspirasi. Dapatkah tulisan seperti itu
dibukukan untuk diterbitkan?
Terima kasih (Roni Bani)
Bagus sekali pertanyaan nya...
Bagi penulis pemula... Kalau naskahnya
dinyatakan diterima dan diterbitkan oleh penerbit skala nasional seperti
Penerbit Andi, tentunya kami akan lakukan langsung memakai dua strategi
pemasaran tersebut...
Tapi bila penulis tersebut menerbitkan sendiri tidak melalui Penerbit...
Maka dapat melakukan strategi pemasaran buku serangan Udara di point 2
(komunitas dan gunakan media sosial secara mandiri) . Terimakasih
Jawab :
Untuk pertanyaan pak Roni... Bahwa
sebelumnya sudah ada materi yg sampaikan narasumber pak Edit S Mukanya.. Yaitu
tentang penulisan buku .
Jadi supaya tulisan Bpk tersebut layak
untuk di terbitkan silakan Bpk memperdalam lagi materi tentang cara penulisan
buku.
Terimakasih
13.
Assalamualaikum pak agus, nama saya edi syahputra.H Dari ACeh saya ingin bertanya, Pertama,
apakah kita seorang penulis bisa memasarkan buku kita, sementara buku karya
kita diterbitkan oleh penerbit Mayor.
Pertanyaan saya yang kedua adalah bagaimana
cara memasarkan buku kepada pembaca supaya buku kita itu laku, karena
pengalaman saya bahwa buku saya yang saya tulis bukan saya jual tapi saya bagi
bagi mohon dijawab,
Jawab :
Walaikumsalam Bpk Edi..
Pertanyaan Pertama :
Penulis boleh memasarkan bukunya sendiri
walaupun diterbitkan oleh penerbit Mayor.
Penerbit justru sangat terbantu jika
penulis ikut serta memasarkan bukunya dan penulis akan mendapatkan rabat dari
penerbit.
Pertanyaan ke 2 :
Bpk bisa lakukan maka gunakanlah jaringan
komunitas Bpk untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat
komunitas akan lebih efektive dan
efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita
tawarkan. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan
komunitas Bpk .
Terimakasih
14.
Maaf Pak Agus, apakah sebagai seorang penulis
kita juga harus menguasai strategi pemasaran? Atau penerbit yang mestinya lebih
paham tentang hal itu? Terimakasih
Agus Purwadi, Ponjong
Jawab :
Baik pak Purwadi..
Kalau buku Bpk diterbitkan oleh penerbit
Mayor, tentunya pihak penerbit yang akan
memasarkan dgn strategi pemasaran masing2 penerbit.
Biasanya pihak penulis diharapkan juga
berperan mempromosikan bukunya lewat komunitas penulisnya.
Kalau bukunya diterbitkan secara Pribadi
dgn mengeluarkan modal penulis pribadi maka penulis tersebut harus mengerti dan
menguasai strategi pemasaran bukunya.
Demikian yang dapat saya sampaikan..
Terimakasih
15.
Mat malam Pak Agus, (Saya Benny Belang - Kupang)
bagaimana perusahaan penerbitan umumnya atau Penerbit Andi menentukan harga
pemasaran sebuah buku yang diterbitkan. Aspek apa saja yang paling menentukan
nilai / harga dimaksud? Trims.
Jawab:
Baik pak Benny...
Penerbit menilai naskah dari berbagai
aspek:
Aspek Ideologis
Apakah topik bertentangan dengan UUD 1945
dan Pancasila, apakah topiknya akan meresahkan kondisi masyarakat seperti:
politik, hankam, sara, sopan santun, harga diri, dll.
Aspek Keilmuan :
§ Apakah topik yang dibahas merupakan topik
baru bagi masyarakat, dan apakah masyarakat sudah siap menerima topik tersebut?
§ Apakah naskah tersebut gagasan asli atau
jiplakan?
§ Terkait dengan akurasi data maka
diperlukan sumber daftar pustaka yang lengkap.
Aspek Penyajian:
§ Apakah sistematika kerangka pemikiran
baik sehingga alur logika pemaparan mudah dipahami?
§ Bahasa yang digunakan apakah komunikatif
sesuai dengan jenis naskah dan sasaran pembaca?
§ Apakah cara penulisannya sudah benar,
yaitu menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baku?
§ Kelengkapan naskah secara fisik seperti
kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, batang tubuh, daftar gambar, tabel,
lampiran, index, daftar pustaka, sinposis, apakah sudah lengkap?
§ Pengetikan menggunakan media dan alat
apa, apakah tulis tangan, diketik manual, ketik komputer menggunakan software
tertentu?
§ Mutu gambar, tabel dan objek lain yang
dipasang (capture) apakah layak atau masih harus diperbaiki lagi?
§ Apakah urusan perizinan penggunaan gambar
tertentu, izin terjemahan, izin pengutipan dll. sudah diselesaikan?
Aspek Pemasaran:
§ Apakah tema naskah mempunyai pangsa pasar
jelas dan luas sehingga buku akan dapat dan mudah diterima pasar?
§ Apakah naskah memiliki selling point atau
potensi jual tertentu, seperti judul, keindahan, bahasa, kasus aktual, dsb?
§ Apakah ada buku sejenis yang beredar dan
telah diterbitkan? Apa kelebihan naskah tersebut dibandingkan dengan buku lain?
Aspek Reputasi Penulis:
§ Apakah penulis adalah tokoh, praktisi,
dosen yang sangat diakui kepakarannya oleh masyarakat luas?
§ Apakah buku-buku yang pernah diterbitkan
mempunyai catatan keilmuan dan pemasaran yang baik?
Jadi aspek yg paling menentukan adalah
potensi pasar.
Terimakasih
16.
Slmt mlm pak Agust,tadi sudah dijelaskan ada
beberapa strategi pemasaran buku,apa ada teknik/ strategi pemasaran yg lebih
sederhana,klo ada misalnya bagaimana? Terimakasih,Lusia Curup.
Jawab “
Pertanyaan ibu Lusia...
Teknik strategi pemasaran buku yg lebih
sederhana yaitu melakukan pemasaran langsung lewat komunitas dan relasi
penulisnya.
Terimakasih
17.
Assalamualaikum...saya ika siswati dr tangerang
mau bertanya
Bagaiman carnya membentuk citra produk di
benak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan?
Jawab :
Walaikumsalam bu..
Caranya :
- Fokus pada pengisahan cerita, bukan pada
fitur produk.Tanpa cerita yang bagus, produk kita tidak akan memiliki nilai
inheren atau emosional bagi pelanggan. Terkadang, manusia itu lebih cepat
memberi respons saat diberi cerita. Bila suatu merek memberi kesan mendalam
bagi konsumen, maka hal tersebut akan berdampak pada perilaku belanja konsumen.
- Beri nilai tambah produk agar makin
disukai konsumen
Ketika membentuk citra merek, sebaiknya
konten yang di buat harus fokus pada hal yang dapat membangun hubungan dan
membantu konsumen membuat keputusan yang tepat dan matang. Dengan begitu,
ketika mereka memilih produk kita itu karena produk kita yang paling sesuai
dengan kebutuhan. Hal ini akan berdampak pada hubungan yang lebih kuat dan
tahan lama.
- Pelayanan terhadap pelanggan yg baik
secara sosial akan berdampak positif
bagi citra perusahaan.
Terimakasih
18.
Candra-Langkat, ada tidak pnglmn bpk pribadi..
menangani sebuah buku yg mungkin dianggap tidak terlalu disukai pasar...namun
Krn faktor X, buku tersebut booming? Terimakasih sblmny pak🙏
Jawab :
Halo pak Candra...
Berdasarkan pengalaman pribadi saya..
Menangani sebuah buku yg semula dianggap
tidak terlalu di sukai pasar ternyata booming?
Pengalaman pribadi saya pernah terjadi
seperti itu pak...
Ada beberapa judul buku yg demikian.. Karena mungkin ada faktor X.
Terimakasih
19.
Selamat malam pak Agus, saya mau bertanya:
tentang ukuran besar dan ketebalan buku yg memudahkan pemasaran jika
dibandingkan dengan minat pembaca. Apakah buku yg berukuran tebal halaman 60-70
dan standar A5 yg lebih disukai pasar?
Grefer-kupang-NTT
Jawab :
Hallo pak Grefer...
Terimakasih atas pertanyaan nya...
Ukuran Buku dan Area Cetak
Setelah Bpk menentukan sistematika
penulisan buku , hal penting berikutnya adalah format buku yang akan di tulis.
Format buku terdiri dari beberapa ukuran yaitu ukuran besar, standar, kecil,
atau buku saku serta format spesial. Penentuan format ini akan berpengaruh
terhadap ketebalan buku dan kedalaman materi yang Anda inginkan.
Format buku di Penerbit Andi:
Format Besar : 20 cm x 28 cm, 21,5 cm x
15,5 cm
Format Standar : 16 cm x 23 cm, 11,5 cm
x 17,5 cm
Format Kecil : 14 cm x 21 cm, 10 cm x 16
cm
Buku Saku : 10 cm x 18 cm, 13,5 cm x 7,5
cm
Format Khusus
Banyak Penulis tidak memperhatikan
format ini sehingga saat dilakukan pengaturan layout dan setting, beberapa
bagian buku menjadi tidak sesuai dengan maksud Penulis. Ketidaksesuaian
tersebut contohnya: proporsi gambar yang tidak benar, pemotongan kata yang
tidak tepat (terutama pada listing program pada buku pemrograman), dan
ketebalan buku yang tidak proporsional.
Demikian yang dapat saya sampaikan..
Terimakasih
ayo pasarkan bukumu setelah mendapatkan materi teknik memasarkan buku.Selamat menjalankan Ibadah Puasa esok Hari. Sabtu dan minggu kita libur dan mulai kembali hari senen dengan jadwal yg disesuikan selama bulan suci ramadhan. Jangan lupa resume kuliah online dikirimkan ke omjaylabs@gmail.com dan posting di blog bapak dan ibu. Buat yang baru bergabung, nanti bisa japri omjay, terima kasih atas perhatiannya.
BalasHapusTerima kasih atas dukungan Om Jay
Hapussip om jay terimakasih,tulisan p.rusmin sudah ok lanjutkan
BalasHapusTerimakasih, Maju Bersama Hebat Semua
HapusTerima kasih Mas, Ayo Maju Bersama Hebat Semua
BalasHapus