Rabu, 01 April 2020

PERTEMUAN II


Pemateri Bapak Agus  Sampurno


PANDUAN MENDESAIN PEMBELAJARAN DARING
Membaca  link  artikel yang di bagikan Bapak Agus Sampurno  membagikan  https://www.kompasiana.com/indracharismiadji7513/5e789433097f365d9b0ab072/panduan-awal-mendesain-pembelajaran-dalam-jaringan-daring

Peserta di minta untuk menemukan 3 kata  kunci.
Jawaban peserta beragam tapi dapat di simpulkan jawaban mereka hampir sama.Sebenarnya bukan masalah sama atau beda disini yang di nilai peserta sangat antusias dengan pembelajaran kali ini.

Dalam membuat tulisan dimana pun tidak lepas dari cara menarik perhatian, utamanya JUDUL TULISAN biasanya lebih demonstratif tidak terkecuali menulis dalam blog.Dalam membuat blog sangatlah mungkin kita terinspirasi dari tulisan orang lain.
hal ini untuk membuat anda berpikir bahwa menulis itu mudah.Dalam membuat judul tulisan paling manjur menggunakan beberapa kata :
5 Persuasive Words That Controls Minds : (5 kata yang  persuasif yang bisa mengendalikan pikiran yang membacanya)

1. You (kamu)
2. Free (bebas)
3. New ( baru)
4. Now (saatini /sekarang)
5. Secret (rahasia)

Ada 5 judul yang diberikan yang dapat memberi ispirasi .Kemudian peserta memilih judul mana yang di anggap paling mudah dan mana yang di anggab paling sulit.Jawaban peserta pun juga beragam. tergantung kemampuan dan pola pikir masing-masing orang.
Bapak Agus memberikan contoh pengembangan dari salah satu judul.

5 Cara agar anda menjadi guru yang handal dalam mengajar secara online

Dalam era wabah Covid 19 ini semua guru ada di dalam keterpaksaan. Semua keluar dari zona nyaman untuk menjadi bisa dan mampu menghantarkan pembelajaran jarak jauh atau  distance Learning
Dalam menjawab tantangan ini, guru mesti memaksa dirinya agar bisa sukses dan belajar dari pengalaman.
Berikut ini adalah 5 hal yang bisa dilakukan guru agar dirinya handal dalam berkomunikasi sebagai guru jarak jauh
  1.  Memberikan tugas kepada siswa, guru bisa mulai dengan tugas yang pernah siswa lakukan dan sedikit dimodifikasi.
  2. Membuat dan mengatur  jadwalpertemuan daring koordinasi dengan guru-guru lainnya agar tugas-tugas tidak menumpuk..
  3. Berani memodifikasi kurikulum. Terapkan prinsip merdeka belajar berikan tugas yang diluar kebiasaan namun menantang, menyenangkan dan berkan siswa waktu yang cukup untuk menyelesaikan.
  4. Jadilah guru yang komunikatif, inspriratif,jangan hanya selalu memberikan naratif yang sulit dipahami siswa
  5. Konten pembelajaran anda bisa dari mana saja. Variasikan sumber belajar maka kelas online anda akan menarik. Jika sumber belajar anda beragam, memungkinkan siswa juga akan menjadi kreatif dalam menuangkan hasil belajarnya. Bisa lewat peta pikiran, vlog, blog atau infographic
Ingat tidak semua siswa dan orang tua memiliki kemampuan intelektual, finansial, dan dukungan orang tua yang berbeda-beda pada anaknya, maka dari itu tetaplah menjadi guru yang komunikatif dan inspiiratif dan kreatif.

Demikian resume pembelajaran bapak Agus Sampurno semoga kita segera terinspirasi dan semangat untuk mengikuti kegiatan ini.


Terimakasih Bapak Agus atas ilmunya,semoga Allah membalas dengan yang lebih baik lagi.Insya Allah bermanfaat

Wassalam Rusmin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERKENALAN KEPALA SEKOLAH PADA MPLS

KEPALA SMAN 1 ALALAK Nama                          : Drs. Rusmin, M.A.P NIP                             : 19660520199203101...