Selasa, 14 April 2020

MENULIS ARTIKEL


MENULIS ARTIKEL

Narasumber                       : DR. JEJEN MUSFAH, M.A
Dipandu Oleh                    : Bambang Ayah Salwa
Pertemuan Ke-                 : 11 (Sebelas)
Hari, Tanggal                      : Selasa, 14 April 2020


Wikipedia :Opinipendapat, atau pendirian (Inggrisopinion) adalah pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi akan tetapi bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian, dapat pula merupakan sebuah pernyataan tentang sesuatu yang berlaku pada masa depan dan kebenaran atau kesalahannya serta tidak dapat langsung ditentukan misalnya menurut pembuktian melalui induksi. (Lihat: simbol logis pada Induksi matematika)
Opini bukanlah merupakan sebuah fakta, akan tetapi jika di kemudian hari dapat dibuktikan atau diverifikasi, maka opini akan berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta nyata.

Ternyata masih banyak yang belum tau bahwa PB PGRI memiliki  Majalah Suara Guru  yang salah satu rubriknya ada kolom opini. Sebenarnya Majalah Suara Guru ini sangat membantu bagi bapak/ibu guru baik dalam menyampaikan gagasan maupun berbagai bentuk kegiatan guru. Bahkan guru se-Indonesia dapat mengisi rubrik kolom opini dengan mengirimkan tulisan artikelnya.
Opini intinya gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yang mungkin akan terjadi.  Artinya opini tidak akan khilangan topik karena kebijakan dan fakta pendidikn selalu hadir. Kreativitas guru dilapangan baik saat mengajar atau saat mengamati bisa menimbulkan imajinasi yang bagus untuk dituangkan dalam bentuk tulisan opini.
Selain dari tujuan menuangkan gagasan atau edi-edi cemerlang, opini sangat membantu guru-guru untuk meningkatkan karir seperti syarat naik pangkat dan bahan kelengkapan portofolio untuk pengembangan atau promosi jabatan.
Agar opini bisa dimuat pada rubrik kolom opini dari Majalah Suara Guru ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
-          Tulisan adalah gagasan sendiri bukan karya orang lain
-          Diketik sebaiknya menggunakan Office Word
-          Jumlah kata maksimal 1000 kata
-          Kirim ke email Majalah.suaraguru@gmail.com
-          Diutamakan bidang Pendidikan dan isu-isu yang hangat
-          Sebutkan status penulis dan sertakan foto diri.
-          Tidak pernah diterbitkan sebelumnya.
Tulisan bisa dimuat di online dan offline dan dicetak 5000 eksmplar untuk dibagikan ke hampir 34 provinsi. Rubriknya beragam Opini, Resensi, Sastra. Destinasi dll.
Opini boleh mengirim lebih dari satu karya tidak boleh mengandung sara dan bukan grup. Majalah Suara Guru terbit setiap dua bulan sekali, sedangkan opini yang online akan selalu terbit setiap saat.
Sedangkan yang dalam bentu penelitian dapat dimuat ke jurnal PB PGRI dengan alamat yang sama yaitu Majalah.suaraguru@gmail.com. Selanjutnya mengenai informasi tambahan silakan kuinjungi
Semoga tulisan ini dapat memberikan kebanyak guru-guru sehingga dapat menyalurkan aspirasinya dan bisa membantu guru-guru untuk peningkatan karir.

1 komentar:

PERKENALAN KEPALA SEKOLAH PADA MPLS

KEPALA SMAN 1 ALALAK Nama                          : Drs. Rusmin, M.A.P NIP                             : 19660520199203101...