Rabu, 13 Mei 2020

INOVASI PEMBELAJARAN









Tema kita kali ini adalah INOVASI PEMBELAJARAN
Narasumber Arif  Darmadiansyah
Kuliah online siang ini akan dipimpin oleh Pak @BAMBANG AYAH SALWA, sering kita sebut Mr.BamS


Inovasi adalah proses perubahan yang merupakan hasil  pengembangan untuk menciptakan atau memperbaiki produk, proses dan atau sistem yang baru, sehingga memberikan nilai tambah yang lebih baik cara penggunaan atau operasional maupun hasil yang diperoleh.
Jadi inovasi pembelajaran adalah merupakan serangkaian kegiatan, yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses pembelajaran kearah perubahan sistem dari yang kurang baik ke arah yang lebih baik. Implikasinya bahwa pembelajaran sebagai suatu proses yang harus dirancang, dikembangkan dan dikelola secara kreatif, dinamis, dengan menerapkan pendekatan multi untuk menciptakan suasana dan proses pembelajaran yang kondusif bagi siswa. Inovasi pembelajaran ini bisa berupa: media, proses, sarana prasarana, pendekatannya, maupun konten atau materi. Pembelajaran merupakan sesuatu yang kompleks, artinya segala sesuatu yang terjadi pada proses pembelajaran harus merupakan sesuatu yang sangat berarti baik perkataan, pikiran maupun tindakan.
Daerah 3  T
Untuk membedakan daerah dengan posisi letak ada istilah 3 T  yaitu Tertinggal, Terdepan, Terluar (adalah wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga).
Pada umumnya daerah 3 T ini adalah daerah kabupaten yang masyarakat serta wilayahnya relatif kurang berkembang dibandingkan dengan daerah lain dalam skala nasional. (Peraturan Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor 07/PER/M-PDT/III/2007).
Begitu juga dengan dunia pendidikan pada daerah 3 T banyak mengalami keterlambatan perkembangan kemajuan kalua dibanding dengan rata-rata daerah lainnya di Indonesia. Ini disebabkan beberapa hal, diantaranya:
-          Kurangnya sarana-prasarana, seperti gedung yang kurang dan atau tidak standar atau tidak layak, lapangan olahraga untuk berkegiatan, laboratorium. Karena pembangunan yang tidak merata.
-          Infrastruktur yang terbatas, seperti listrik, jaringan internet, jalan darat.
-          Media pembalajaran yang terbatas dan masih konvensional bahkan masih tradisional sementara daerah lain sudah modern.
-          Guru yang kurang dan guru yang tadak memiliki standar pendidikan minimal  S1 dan ada guru mismatch yaitu guru yang tidak sesuai dengan latar belakang keahliannya.
-          Sosial budaya masyarakat, masih banyak orang tua beranggapan bahwa sekolah bagi anaknya bukanlah kebutuhan utama, yang terpenting bisa membaca dan menulis. Ada orang tua yang masih mementingkan mendidik anaknya untuk belajar bekerja agar bisa menopang ekonomi keluarga dan bisa hidup mandiri.
-          Latar belakang ekonomi masyarakat masih banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan, sehingga kurang mampu untuk menopang dan mendukung pendidikan anaknya.
Potret Sebagian dunia Pendidikan di daerah 3 T







Namun tidak demikian bagi guru yang memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam mengabdikan diri pada dunia pendidikan, ia tidak mau terbelenggu oleh suasana dan keadaan. Disinilah guru yang memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi diuji, untuk tetap melakukan pembelajaran yang unik dan menarik agar kualitas pembelajaran menjadi optimal itulah inovasi pembelajaran.
Biasanya ide inovasi bisa muncul dari sebuah masalah dan potensi, dari ide kemudian dipikirkan agar bisa diterapkan di sekolah dengan kondisi sarana prasarana dan media yang sangat terbatas.
Di tengah segala keterbatasan yang ada, kreativitas seorang  guru sangatlah diperlukan agar transfer pendidikan tetap berjalan. Inovasi harus terus-menerus dilakukan, dan yang penting dari suatu inovasi adalah mudah dibuat, mudah ditiru, mudah digunakan, dan pastinya bermanfaat bagi kemajuan pendidikan. Apalagi di daerah 3T yang segalanya serba minim dan terbatas, tantangan tersendiri bagi guru yang mengajar di daerah tersebut untuk terus menciptakan inovasi dalam pembelajaran.
Untuk Bapak/Ibu Guru yang ingin mencoba mengikuti kegiatan karya inovasi pembelajaran dapat mengakses portal link berikut ini:




Tanya Jawab Via WA Grup (tanpa Edit)

1.       Yth.Bpk Arif
Saya Achmad Husin dari Bangka .pertanyaan saya.
inovasi pddkn yg bgmn,yg dpt mbuat guru sukses ikut olimpiade ?....trimkasih Pk.Arif..ats ilmunya
Jawaban:
Terimakasih pak Achmad  dari Bangka. Menurut saya, Bidang inovasi itu banyak sekali pak. Tergantung tujuannya apa. Dari pertanyaan bapak bagaimana agar sukses mengikuti olimpiade? inovasinya apa. Ini untuk guru atau siswa pak? strategi pembelajaran mungkin bisa dijadikan sebagai inovasi untuk tujuan tersebut. πŸ™
2.       Perkenalkan saya Rachmi dari Banyuwangi, mau tanya utk om Arif...menarik sekali penelitian karya ilmiah yang dilakukan menjelaskan.invertebrata menggunakan akrilik sebagai hologram dan millea utk anatomi tumbuhan pengganti mikroskop, pertanyaan saya 2 ide itu yg akhirnya juara atau yang millea saja? Boleh share foto media milleanya?
Terima kasihπŸ™

Jawab:
Sangat kreatif, memang pantas menjadi juaraπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ»

3.       Sy,  Asfia dari Kudus
Bp. Arif mohon idenya untuk karya inovatif utk mapel kimia yg bermanfaat dan tidak sulit utk anak sekolah, terimakasih

Jawab:
Terimakasih ibu Asfia, kimia masih serumpun dengan mapel saya ibu. dan terkadang saya juga ikut mengajar kimia. Karena tidak ada guru kimia. Kalau ditanya ide, setiap permasalahan di sekolah beda-beda ibu. Media yang saya buat jelas tidak dapat digunakan di Kudus.
Namun saya melihat anak-anak saat ini sangat tertarik dengan dunia digital. Siswa saya yang dikampung saja punya android, padahal tidak bisa dipakai. Mungkin itu bisa dimanfaatkan sebagai potensi untuk mengembangkan sebuah media digital bagi mereka. πŸ™

4.       Assalamualaikum pak Arif,saya Nora dari Semarang,,mohon maaf sebelumnya,,pak Arif apakah lulusan Unnes? wajah nya sepertinya saya familiar. Tapi mohon maaf jika salah.
 Ada beberapa hal yang saya tanyakan
1. Bagi guru 2 yang ingin ikut kompetisi seperti itu tetapi terhalang NUPTK yg blm keluar, apakah pak Arif mempunyai kekuatan info terkait lomba yang tidak mempermasalahkan NUPTK?

2. selama pandemi, inovasi apa yg bapak lakukan ketika mengajar? Terkait kita harus WFH dan siswa LFH?

3. Untuk mikroskop tadi, preparat yang digunakan tetap preparat pada umumnya ataukah bagian tumbuhan asli?

Jawaban:
Terimakasih ibu Nora.
betul ibu saya lulusan Unnes. dan pernah mengabdi di Sma 14 semarang.
1. Setau saya sekarang syaratnya tidak menggunakan nuptk ibu, hanya tangkapan layar dapodik yang menandakan bahwa guru tersebut jelas mengajar di sekolah tersebut.
2. Selama WFH sekolah kami belajar dirumah. Kegiatan belajar kami sampaikan lewat sms HP. Kami bagi perwilayah atau daerah. setiap jam pelajaran di hari tertentu salah satu siswa yang mempunyai HP mencari tempat sinyal. Kemudian dissampaikan. Tugas berbentuk portofolio dan laporan. Ketika nanti sudah aktif KBM siswa siap untuk berbagi hasilnya. Selain itu saya juga membuat media android ibu yang bisa diakses secara offline.
3. Preparatnya sama saja seperti praktek biasa, namun masih terbatas pada struktur tumbuhan.

5.       Muh. Said
Makassar
Pertanyaan :
1. Bagaimana langkah membuat inovasi pembelajaran ?
2. Yang mana lebih tinggi nilainya menggunakan bahan bekas daripada bahan modern dlm inovasi pembelajaran ?

Jawaban:
Terimaksih pak muh Said.
1. tahapan inovasi untuk menghasilkan produk baru berbeda-beda pak tergantung rujukan siapa yang kita pakai. Namun garis besarnya : Ide - pembuatan- validasi ahli- uji coba dan produk jadi.
2. instrumen penilainya banyak pak, bahan yang dipakai hanya salah satu. Aspek mudah digunakan, mudah didapatkan, mudah ditiru, dan seberapa manfaat produk itu menjadi penilain yang tinggi

6.       selamat siang
perkenalkan saya Lya fransiska dari Bali,
saya ingin bertanya dalam pembuatan karya inovasi seperti yang Anda telah lakukan biasanya kendala apa yang paling anda rasakan dalam pelaksanaannya??? dan apakah sebuah karya inovasi haruskah berdasarkan pada 1 tingkat kemampuan anak didik atau karya inovasi yang dibuat harus bisa menaungi semua kemampuan peserta didik??? terimakasih πŸ™

Jawaban:
Terimakasih ibu Lya.
kendala yang biasa muncul ya hasilnya tidak sesuai dengan harapan ibu. Atau tidak layak ketika kita validasikan ke ahli. Inovasi yang dilakukan untuk menjawab permasalahan yang muncul di latar belakang yang kita tulis. Dalam media yang saya buat tidak bisa menaungi semua kemampuan. πŸ™

7.       Selamat siang saya Ni Kadek Sumertini dari SLB N 1 Buleleng Bali,,
Sangat menarik sekali karya inovasi yang dishare,,pertanyaan saya: Karya inovasi itu ditulis dalam bentuk laporan penelitian PTK atau ada format khusus laporan karya inovasi ya?
Terima kasih

Jawaban:
Baik terimakasih ibu Ni Kadek.
inovasi dapat ditulis dalam format karya ilmiah apapun ibu.
Kalau pengembangan berarti mengikuti penulisan penelitian Rnd. Kalau penerapan atau penggunaan maka mengikuti penulisan penelitian PTK atau eksperimen.
bahkan apabila kita mencoba sesuatu yang baru kemudian kita tulis saja secara deskripsi itu termasuk dalam penulisan best practice.
Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari bapak ibu sudah dan sering melakukan inovasi namun tidak terdokumentasi atau tertulis dalam karya ilmiah. πŸ™πŸ˜Š

8.       Selamat siang Perkenalkan saya putrin dari Blitar mau tanya dan ingin mengeri tentang langkah awal dan cara membuat karya ilmah sampai bisa sukses itu gimana pak. Terimakasih.

Jawaban:
terimakasih ibu putrin.
penulisan karya ilmiah seperti kita membuat skripsi saat kuliah ibu. Ada latar belakangnya, tujuan, manfaat, metode, data, hasil serta kesimpulan. Nanti sya coba bagikan file penulisan karya ilmiah yang dipresentasikan dewan juri. Insyaallah saya cari terlebih dahulu. πŸ™πŸ˜Š

9.       Saya Sri Budi Handayani dari Gresik mau bertanya
Sebelumnya saya mengucapkan  selamat atas prestasi yang sudah diraih Bapak.
Apakah Bapak guru Biologi dan juga guru Komputer?
Gr itu singkatan apa Pak.Maaf
Di belakang nama Bapak.

Jawaban:
 terimakasih ibu Sri.
Gr itu gelar yang diberikan setelah mengikuti Pendidikan Profesi Guru selama setahun. Gr itu sebutan Guru di sertifikat pendidik. πŸ™πŸ˜Š
Maaf terlewat. saya guru biologi saja ibu namun suka komputer. πŸ™πŸ˜Š

10.   Assalamualaikum Pak Arif, sy Candra dr MTsN 1 Langkat Sumatera Utara, bs sharing ke kami pak...apa kriteria utama penilaian  dewan juri terhadap sebuah karya inobel? TrmkshπŸ™

Jawaban:
Terimakasih pak Candra, instrumennya banyak. nanti saya share ya pak. Namun yang utama untuk produknya orisinal atau keterbaruan, kebermanfaatan atau dampak, mudah ditiru atau digunakan. πŸ™

11.   Ass. Wr. Wb
Selamat siang Pak Arif D
Bagaimana minat dan hasil anak sebelum menemukan alat ( karya inovatif) Apakah ada ide lain untuk mrngembangkan karya itu.  Bagaimana guru yg lainnya. Apakah juga membuat karya inovatif yg juga memilili manfaat untuk anak2).
Rifatun Salatiga JawaTengah
Terimakasih

Jawaban:
Wassalamualaikum.
Terimakasih ibu Rifatun.
Hasilnya minat anak naik signifikan ibu, saya membawa produknya saja mereka sudah tertarik apalagi mencoba untuk menggunakannya. Ada hal baru yang merrka dapatkan. Hasil belajar naik tidak signifikan. Hasil belajar didapat dari nilai tes dan tugas. Nilai tes dari yang dapat 30an meningkat menjadi 50an. Nah nilai tugas yang baik. Sebelumnya untuk mengumpulkan tugas saja selalu terlambat sekarang ada perbaikan. Untuk guru kami masih kurang ibu. Di sekolah kami ada 15 guru. 3 pns dan lainnya kontrak. Inovasi ini yang pertama di sekolah. Setelahnya saya ajak teman guru untuk ikut bergabung dan mengembangkan kelasnya. πŸ™πŸ˜Š

12.   Assalamualaikum.....saya ika siswati dari kota tangerang mau menanyakan.....dari dua narasumber yang dihadirkan yang kemarin bp. tri agus cahyono, M.Pd. dan sekarang Bp. Arif d. . Dari inovasi pembelajaran yang dihasilkan keduanya sama-sama menggabungkan antara media/ alat peraga dengan teknologi. Pertanyaannya apakah kriteria pembuatan inobel untuk tingkat nasional pak?

Jawaban:
Wassalamualaikum.
Terimaksih ibu Ika.
Ada instrumen penilaian sesuai standar penyelenggara ibu. Sistematika laporan, Penilaian media hingga intrumen penilain presentasinya. Nanti setelah selesai saya bagikan melalui Mr Bams atau OmJay. Ada panduan dan formatnya πŸ™πŸ˜Š

13.   Selamat sore pak, sesuai pengalaman bapak, metode apa yang paling dominan bapak gunakan dalam proses belajar? Apa alasan bapak menggunakan metode tsb? Tks. Yulius Roma-Tana Toraja.

Jawaban:
Selamat sore Pak Yulius, terimakasih.
yang paling dominan sya menggunakan metode diskusi, pengamatan dan penyampaian hasil. Biasanya dengan model Projek based learning atau Problem based learning. Alasannya kedua model tersebut dapat menggali kemampuan siswa secara sebenarnya. Tak hanya kognitif namun menyeluruh.πŸ™πŸ˜Š

14.   Yth. Om Arif. Pekenalkan nama saya Nurhaida dr Riau. Bagaimana cara memotivasi siswa yg lebih suka membantu ortunya dikebun karet dari pada kesekolah. Ada juga murid yg suka mengganggu temannya. Sepertinya hrs sekolah ke slb. Tapi di tempat saya belum ada sekolah slb. Saya kewalahan jadiya. Terima kasih ilmunya Om Arif.

Jawaban:
terimakasih ibu nurhaida.  Hal yang sama terjadi di kami. Orangtua lebih suka anaknya bekerja diladang untuk membuka hutan atau mencari hasil.  yang pernah kami lakukan adalah visit home ibu. bertemu keluarga dan anaknya menjelaskan pentingnya sekolah. Minimal sampai SMA lah, kesadaran untuk belajar masih rendah. Untuk siswa yang berkebutuhan khusus harua mendapatkan perhatian lebih diabanding siswa lainnya ibu. Sekarang masuk sekolah inklusi. mohon maaf itu juga saya belum punya pengalaman. πŸ™πŸ˜Š














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERKENALAN KEPALA SEKOLAH PADA MPLS

KEPALA SMAN 1 ALALAK Nama                          : Drs. Rusmin, M.A.P NIP                             : 19660520199203101...